Jumat 03 Jun 2022 15:53 WIB

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Beranjak Naik

Kenaikan harga telur ayam ras disebabkan oleh naiknya harga pakan.

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Beranjak Naik (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Beranjak Naik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam satu bulan setelah Lebaran bertahan tinggi dan beberapa di antaranya beranjak naik.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Jumat, harga daging sapi kualitas 1 masih bertahan sekitar Rp140.000/kg, sedangkan harga daging sapi kualitas 2 sebesar Rp130.000/kg. Selain itu, harga telur ayam ras bertahan sekitar Rp28.000/kg, bawang merah Rp49.000/kg, dan bawang putih Rp40.000/kg.

Baca Juga

Sementara komoditas yang beranjak naik di antaranya daging ayam ras yang saat ini mencapai Rp38.000/kg, cabai merah besar dan cabai merah keriting naik dari Rp48.000/kg menjadi Rp58.500/kg, cabai rawit hijau naik dari Rp38.000/kg menjadi Rp54.000/kg, dan cabai rawit merah naik dari Rp55.000/kg menjadi Rp69.000/kg.

Salah seorang pedagang telur, Dewi mengatakan kenaikan harga telur ayam ras disebabkan oleh naiknya harga pakan. "Kami hanya menyesuaikan kenaikan harga dari peternak karena berdasarkan informasi, harga pakan saat sekarang melonjak," katanya.

 

Terkait dengan kenaikan harga cabai, salah seorang pedagang sayuran, Warti mengatakan hal itu disebabkan oleh berkurangnya pasokan dari petani. "Kalaupun ada, harganya sudah tinggi, sehingga kami ikut menaikkan harga," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas Titik Puji Astuti mengakui harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat masih bertahan tinggi setelah momentum Lebaran 2022. "Bahkan, harga komoditas cabai beranjak naik," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto Rony Hartawan mengatakan kenaikan harga telur ayam ras, daging sapi, dan bawang merah yang terjadi sejak momentum Lebaran menjadi penyumbang inflasi di Purwokerto sebesar 0,63 persen pada bulan Mei 2022.

Menurut dia, kenaikan harga telur ayam ras terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat dan kenaikan biaya pakan, sehingga komoditas tersebut memberikan sumbangan terhadap inflasi bulan Mei di Purwokerto sebesar 0,09 persen.

Selain itu, kata dia, harga komoditas bawang merah juga mengalami kenaikan seiring berkurangnya pasokan dari sentra produksi, sehingga menyumbangkan inflasi sebesar 0,06 persen di Purwokerto. "Kenaikan harga daging sapi turut dipengaruhi oleh wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang telah menyebar di Jawa sejak awal Mei 2022," katanya.

Menurut dia, pasokan juga diperkirakan terganggu seiring adanya pemberlakuan "lockdown" dalam mengantisipasi virus PMK tersebut, sehingga kenaikan harga daging sapi turut menyumbang inflasi bulan Mei 2022 di Purwokerto sebesar 0,06 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement