Kemenag Kembali Berangkatkan 153 Petugas Haji

Senin , 20 Jun 2022, 11:56 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kemenag Kembali Berangkatkan 153 Petugas Haji. Foto:   Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.
Kemenag Kembali Berangkatkan 153 Petugas Haji. Foto: Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) kembali memberangkatkan 153 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1443 H/2022 M. Pelepasan ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief, Ahad (19/6/2022).

 

Terkait

Dalam sambutannya, Hilman mengatakan keberangkatan PPIH tambahan diperlukan guna memaksimalkan pelayanan kepada jamaah haji Indonesia dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

Baca Juga

"Sebanyak 153 PPIH tambahan yang diberangkatkan ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan petugas di Arab Saudi sehingga pelayanan kepada jemaah haji, seperti akomodasi, konsumsi dan transportasi, menjadi lebih maksimal," kata dia dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (20/6/2022).

Hilman lantas menitipkan pesan kepada para PPIH, agar meluruskan niat dalam bertugas dan menjaga nama baik Indonesia. Niat yang lurus sebagai petugas berdedikasi menjadikan jamaah haji Indonesia mabrur dan mabrurah.

"Dan kita berdoa semoga seluruh prosesi penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M bisa berjalan dengan baik dan petugas yang diberangkatkan sebanyak 153 ini dapat pulang ke Tanah Air dengan selamat, sehat, dan bertemu kembali dengan keluarga masing-masing," lanjut dia.

Sebanyak 153 PPIH Arab Saudi kali ini akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, dalam dua tahap.

Tahap pertama akan memberangkatkan 94 PPIH Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Makkah dan Bandara menggunakan Saudi Arabian Airlines (SV 823) menuju Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) Jeddah, Senin (20/06/2022) dini hari pukul 00.40 WIB.

Sementara 59 PPIH lainnya yang bertugas di Daker Madinah mengikuti tahap keberangkatan kedua pada hari yang sama pukul 15.35 WIB, menggunakan Garuda Indonesia (GA 960) menuju Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

PPIH Arab Saudi yang ditugaskan pada keberangkatan kali ini akan melayani jamaah dalam penyelenggaraan ibadah haji, yang saat ini telah memasuki fase pemberangkatan gelombang kedua. Keberangkatan jamaah pada gelombang ini dimulai dari 19 Juni hingga 3 Juli 2022, dengan rute mendarat di Bandara KAIA Jeddah. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini