Selasa 21 Jun 2022 11:32 WIB

Kiswah Ka'bah Dinaikkan Menyusul Persiapan Haji 1443 H

Kiswah Ka'bah Dinaikkan Menyusul Persiapan Haji 1443 H.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Kiswah Ka'bah Dinaikkan Menyusul Persiapan Haji 1443 H. Foto:  Pergantian kain kiswah
Foto: Gogle.com
Kiswah Ka'bah Dinaikkan Menyusul Persiapan Haji 1443 H. Foto: Pergantian kain kiswah

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah menyelesaikan prosedur tahunan menaikkan bagian bawah penutup (kiswah) Ka'bah Suci sekitar tiga meter, Senin (20/6/2022). Hal ini dilakukan sesuai dengan rencana persiapan untuk musim haji 1443 H/2022 M.

Adapun bagian kiswah yang terangkat ditutup dengan kain katun putih, yang lebarnya kira-kira dua meter di keempat sisinya. Kepala Kepresidenan Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais turut berpartisipasi dalam prosedur tersebut.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (21/6/2022), Al-Sudais menekankan pentingnya kepedulian dan perhatian besar yang diberlakukan pada kiswah Ka'bah sepanjang tahun, dari para pemimpin yang bijaksana.

“Langkah ini merupakan perpanjangan dari kepedulian pemerintah Saudi, sejak berdiri di tangan Raja Abdul Aziz, dalam merawat Dua Masjid Suci serta jamaah haji dan umrah dan fasilitas untuk mereka secara umum, sekaligus Ka'bah Suci khususnya," katanya.

 

Lebih lanjut, dia menekankan Arab Saudi akan melakukan segala upaya dalam rangka memfasilitasi para tamu Allah SWT, yang bertujuan untuk melakukan ibadah dan ritual dengan mudah dan nyaman.

Prosedur menaikkan kiswah Ka'bah dilakukan setiap tahun, sebagai tindakan pencegahan agar para peziarah tidak merusak kiswah. Hal ini disebabkan para peziarah memiliki kecenderungan untuk menyentuhnya selama melakukan tawaf (berputar-putar di sekitar Ka'bah).

Penjahit spesialis Saudi dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Penutup Ka'bah mengambil bagian dalam proses menaikkan kiswah. Kiswah merupakan potongan kain sutra hitam dengan ayat-ayat Alquran tertulis di atasnya, yang bertujuan untuk melindungi Ka'bah dari gangguan.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/621993/SAUDI-ARABIA/Kiswa-of-Holy-Kaaba-raised-in-preparation-for-Hajj-season

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement