Rabu 22 Jun 2022 05:36 WIB

Jamaah Haji Embarkasi Padang Tuntaskan Pembayaran DAM

Dam jamaah haji embarkasi Padang sudah dituntaskan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
 Jamaah Haji Embarkasi Padang Tuntaskan Pembayaran DAM. Foto:   Sejumlah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi haji Padang tiba di Asrama Haji Tabing, Padang, Sumatera Barat, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji asal Padang masuk ke Asrama Haji Tabing sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada Sabtu, 4 Juni 2022.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Jamaah Haji Embarkasi Padang Tuntaskan Pembayaran DAM. Foto: Sejumlah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi haji Padang tiba di Asrama Haji Tabing, Padang, Sumatera Barat, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji asal Padang masuk ke Asrama Haji Tabing sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada Sabtu, 4 Juni 2022.

IHRAM.CO.ID,PADANG--Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumatra Barat, Joben, mengatakan jamaah calon haji dari Embarkasi Padang sedang menuntaskan pembayaran Dam atau denda.

Joben menyebut semua jamaah haji Indonesia merupakan haji Tamattu yang harus membayar dam ketika ingin melepas pakaian ihram.

Baca Juga

"Ketentuan pelaksanaan haji itu ada tiga, haji Tamattu, Qiran dan Ifrad. Sebagian besar jamaah haji Indonesia melaksanakan haji Tamattu. Mendahulukan umrah dari pada haji," kata Joben, Selasa (21/6/2022).

Menurut Joben, jamaah haji yang sudah tiba di tanah suci sebanyak 2.745 orang yang tergabung dalam tujuh Kelompok Terbang (Kloter). Satu Kloter akan terbang ke Jeddah bergabung dengan UPG 19 pada tanggal 2 Juli mendatang.

Dalam pelaksanaan Dam ini kata Joben jamaah harus melakukan pemotongan kambing. Untuk itu jamaah harus menyediakan uang untuk membayar dam.

Berbeda dengan haji ifrad, dam tidak perlu dilakukan. Karena haji Ifrad, mendahulukan pelaksanaan ibadah haji baru umrah.

"Untuk biaya Dam ini rata rata di kisaran antara 400 - 500 riyal. Sementara pelaksanaan pemotongan dilaksanakan di rumah potong hewan yang disaksikan oleh jamaah," ujar Joben.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement