Selasa 28 Jun 2022 06:19 WIB

Empat Jamaah Haji di Madinah Dievakuasi ke Makkah dengan Ambulans

Jamaah haji dievakuasi ke Makkah dengan ambulans karena dalam perawatan

Ilustrasi evakuasi jamaah haji menggunakan ambulans. Jamaah haji dievakuasi ke Makkah dengan ambulans karena dalam perawatan
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Ilustrasi evakuasi jamaah haji menggunakan ambulans. Jamaah haji dievakuasi ke Makkah dengan ambulans karena dalam perawatan

Oleh A Syalaby Ichsan, dari Madinah, Arab Saudi 

IHRAM.CO.ID, MADINAH – Empat jamaah haji Indonesia dievakuasi dengan ambulan dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah ke KKHI Makkah pada Senin (27/6/2022). 

Baca Juga

Kepala KKHI Madinah, dr Enny Nuryanti, menjelaskan empat jamaah tersebut memiliki keluhan yang berbeda. Pertama, pasien atas nama Isnaeni Daeng Simba.

Pasien asal Kloter Makassar (UPG-02) tersebut menderita penyakit diabetes melitus. Dia sulit berjalan karena kakinya mengalami pembengkakan.

Pasien berikutnya bernama Masmuah binti H Rokhim. Jamaah asal Kloter Jakarta-Bekasi (JKS-19) itu baru saja menjalani operasi di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) setelah operasi patah tulang.

Untuk pasien atas nama Siti Zahroh Johani asal Jakarta-Pondok Gede (JKG-011), baru saja menjalani operasi pemasangan ring jantung. Siti Zuhroh sempat pingsan di sekitar Masjid Nabawi karena mengalami gangguan irama jantung. Petugas KKHI pun melakukan tindakan lewat restitusi sebelum merujuk ke RSAS.

Jamaah selanjutnya merupakan pasien susulan bernama Agus Dwi Prasetyo Jamaah asal Solo (SOC-21) itu memiliki keluhan gangguan batu saluran air seni. Menurut dr Enny, empat jamaah tersebut dimampirkan di Bir Ali untuk mengambil miqat. "Nanti diserahterimakan ke KKHI Makkah," jelas dia.

Jika ada di antara empat pasien bersangkutan yang kesehatannya pulih, maka pihak KKHI akan mengembalikan pasien tersebut ke kloternya. Mereka kemudian bisa melaksanakan umrah dengan dibantu petugas.

Hingga pemberangkatan jamaah kloter terakhir dari Madinah ke Makkah pada Senin (27/6), Enny menjelaskan, ada enam jamaah yang dievakuasi dengan ambulans dari Madinah menuju Makkah.

Sementara itu, sebanyak 1.972 jamaah dari lima kloter diberangkatkan dari Madinah ke Makkah pada Senin (27/6/2022) pagi. Lima kloter ini adalah pendorongan terakhir dari Madinah menuju Makkah.

Hingga kini, total jamaah haji reguler yang sudah didorong atau sudah ada di Makkah sebanyak 68.943 jemaah. Di antaranya, terdiri atas 42.402 jamaah dari Madinah dan 26.541 jamaah dari Jeddah.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement