Rabu 29 Jun 2022 21:43 WIB

RSUD Kilisuci Kediri Gelar Khitan Gratis

RSUD Kilisuci Kota Kediri sudah melayani sebanyak 12 pasien.

RSUD Kilisuci Kediri Gelar Khitan Gratis (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
RSUD Kilisuci Kediri Gelar Khitan Gratis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Manajemen RSUD Kilisuci Kediri, Jawa Timur, menggelar kegiatan khitan gratis untuk anak-anak setempat guna menyambut Hari Jadi Ke-1143 Kota Kediri.

Direktur RSUD Kilisuci Kota Kediri dokter Tutik Mahanani mengatakan kegiatan ini juga sebagai bentuk komitmen RSUD Kilisuci Kota Kediri dalam menghadirkan layanan kesehatan terjangkau bagi masyarakat setempat.

Baca Juga

"Program ini dikhususkan untuk warga Kota Kediri atau yang berdomisili di Kota Kediri. Kebetulan, ini juga kan bertepatan dengan momen libur sekolah, jadi mulai tanggal 27 Juni hingga 16 Juli 2022 kami buka layanan khitan gratis ini, menyesuaikan dengan jadwal libur sekolah anak-anak," katanya, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan khitan gratis dibuka pukul 08.00-11.00 WIB setiap Senin hingga Sabtu. Untuk kuota per harinya, RSUD melayani hingga 10 pasien. "Khitan ini, kami menggunakan metode modern bedah minor yang mana menggunakan alat anastesi yang bukan berupa jarum suntik, namun anastesinya tetap bisa masuk ke daerah yang akan disirkumsisi," kata dia.

Terkait proses penyembuhan pascakhitan, ia mengatakan, normalnya sekitar 5-7 hari. Dari rumah sakit juga memberikan obat untuk membantu proses penyembuhan.

"Kami sertakan juga obat-obat yang membantu percepatan proses penyembuhan dari pasien khitan. Selanjutnya di hari ketiga pascasikumsisi, pasien khitan diminta datang kembali ke RSUD Kilisuci untuk melakukan kontrol," kata dia.

Emi, warga Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, mengaku mengantarkan kedua anaknya usia 11 dan 10 tahun mengikuti layanan khitan gratis ini. Ia mengaku terbantu dengan program fasilitasi layanan khitan gratis ini.

"Program ini sangat positif, saya pribadi sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih banyak atas layanan khitan gratis ini," kata dia.

Zainal Alim, warga Kelurahan Kaliombo, Kota Kediri, juga mengantarkan anaknya ikut kegiatan khitan di RSUD Kilisuci, Kota Kediri ini. Dirinya mengaku terbantu dengan program ini. "Saya pribadi sangat bersyukur dan sangat terbantu dengan program khitan gratis dari RSUD Kilisuci ini," kata dia.

Dalam layanan khitan gratis ini, pihak RSUD Kilisuci Kota Kediri sudah melayani sebanyak 12 pasien.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement