Ini Keunggulan Bus Ramah Lingkungan yang Baru Dioperasikan di Madinah

Sabtu , 02 Jul 2022, 01:43 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Gita Amanda
Bus listrik ramah lingkungan mulai beroperasi di Bandara Internasional Prince Muhammad di Madinah, Arab Saudi, Kamis (30/6/2022). Ini adalah pertama kalinya bus ramah lingkungan, yang sepenuhnya ditenagai oleh listrik, dioperasikan di bandara mana pun di Arab Saudi.
Bus listrik ramah lingkungan mulai beroperasi di Bandara Internasional Prince Muhammad di Madinah, Arab Saudi, Kamis (30/6/2022). Ini adalah pertama kalinya bus ramah lingkungan, yang sepenuhnya ditenagai oleh listrik, dioperasikan di bandara mana pun di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Bus ramah lingkungan mulai beroperasi di Bandara Internasional Prince Muhammad di Madinah pada Kamis (30/6/2022).

 

Terkait

Dilansir dari laman Saudi Gazette, pada Jumat (1/7/2022), ini merupakan pertama kalinya bus ramah lingkungan, yang sepenuhnya ditenagai oleh listrik, dioperasikan di bandara mana pun di Arab Saudi. Bus dilengkapi dengan banyak fasilitas teknis canggih, termasuk empat kamera untuk mendokumentasikan semua informasi dan kejadian yang terjadi di dalam.

Baca Juga

Bus diuji dengan standar tertinggi untuk memastikan keselamatan dan keamanan penumpang di bandara. Panjang bus sekitar sembilan meter dan dapat menempuh jarak lebih dari 300 kilometer sebelum diisi ulang, yang memakan waktu kurang dari dua jam.

Di samping itu, Bus Saudi American Solar (SAS) dicirikan begitu tenang dan melestarikan lingkungan, dan tidak mengeluarkan polutan apa pun, terutama karbon. Bus ini memiliki struktur kokoh dan ringan yang terbuat dari aluminium. Itu juga dilengkapi dengan baterai yang mengoperasikan sistem pendingin air untuk meningkatkan masa pakai baterai, dan efisiensinya ke tingkat maksimum bahkan dalam suhu eksternal tinggi.

Bus ini memiliki sistem pendingin udara yang canggih dan sangat efisien dari dalam, serta layar tampilan yang menunjukkan semua detail perjalanan. Bus memiliki area yang diperuntukkan bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus, yang memberi mereka fitur mobilitas mandiri yang aman.

Peluncuran layanan bus listrik datang sebagai bagian dari serangkaian tujuan Tibah Airports Operation Co. Ini  bertujuan untuk mempromosikan ketergantungan yang lebih besar pada energi bersih dan bangunan hijau, sejalan dengan Visi Kerajaan 2030.

Adapun Bandara Madinah merupakan bandara pertama di dunia di luar Amerika Serikat yang disetujui oleh US Green Building Council, dan memenuhi semua persyaratan Sertifikasi LEED. Bandara ini juga menerima penghargaan tempat pertama untuk keunggulan lingkungan untuk 2018 dari Otoritas Pengembangan Wilayah Madinah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini