Otoritas Saudi Awasi Kesiapan untuk Pastikan Keamanan Haji

Sabtu , 02 Jul 2022, 10:50 WIB Reporter :Imab/ Redaktur : Didi Purwadi
Persiapan tenda-tenda untuk prosesi haji di Mina, Rabu (30/6)
Persiapan tenda-tenda untuk prosesi haji di Mina, Rabu (30/6)

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Kesehatan dan Kemanusiaan Arab Saudi, Urusan Kesehatan Makkah dan Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi di Madinah melakukan inspeksi di kota-kota suci. Inspeksi dilakukan untuk menilai kesiapan dan memastikan prosesi haji berjalan aman.

 

Terkait

Dilansir dari Arab News, Sabtu (2/7), salah satunya melakukan latihan upaya pemadaman kebakaran di salah satu tempat tinggal jamaah haji di kota itu. Latihan dilakukan untuk mengukur tingkat kesiapan fasilitas medis dan staf musim haji.

Juru bicara Urusan Kesehatan Makkah, Hamad Al-Otaibi, membenarkan bahwa eksperimen ini dilakukan dengan partisipasi sejumlah otoritas dan departemen medis dan keamanan. Healthcare Cluster, pusat rawat jalan serta sejumlah rumah sakit afiliasi seperti Rumah Sakit Spesialis Al-Noor, Rumah Sakit King Abdulaziz, dan Rumah Sakit King Faisal ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Direktur Jenderal Urusan Kesehatan Makkah yang juga menjabat Ketua Panitia Pelaksana Haji dan Umrah, Wael bin Hamza Mutair, membenarkan kesiapan sektor kesehatan di Makkah untuk menangani semua kasus medis, rawat jalan dan darurat di dalam dan di luar tempat suci. Sementara, dalam rapat Kabinet baru-baru ini, Raja Salman memerintahkan sektor negara untuk melayani peziarah selama musim haji dengan kemampuan terbaik mereka.

“Melayani jamaah haji dan umrah telah menjadi prioritas utama Kerajaan sejak didirikan dan hingga saat ini. Kami bangga melanjutkan misi ini dengan kompetensi tertinggi,” kata Raja. 

Presiden SRCA, Dr. Jalal bin Mohammed Al-Owaisi, mengunjungi Madinah untuk memeriksa dan meresmikan sejumlah pusat rawat jalan di wilayah tersebut. Kunjungan tersebut sebagai bagian dari upaya pengecekan persiapan jelang prosesi haji untuk memastikan kesiapan berbagai pusat penerimaan jamaah haji di Makkah dan Madinah. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini