Selasa 05 Jul 2022 23:00 WIB

Pacu Pariwisata, Purbalingga Bentuk Forum Komunikasi Desa Wisata

Forum diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengembangan wisata di Purbalingga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Para pengurus dan anggota Forum Komunikasi Desa Wisata (Deswita) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Purbalingga.
Foto: Dokumen
Para pengurus dan anggota Forum Komunikasi Desa Wisata (Deswita) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Purbalingga.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, membentuk Forum Komunikasi Desa Wisata (Deswita) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk menjadi wadah  untuk pengembangan wisata di wilayah setempat.

"Saya minta pengurus yang baru terlantik untuk memetakan potensi wisata di desanya dan mengembangkannya sesuai dengan kekhasan masing-masing," ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Agus Winarno di acara Rembug Desa Wisata dan Pokdarwis di Aula Kraca Bungur TWP Purbasari Pancuranmas, Selasa (5/7/2022).

Agus mengatakan, desa wisata diharapkan tidak latah dalam mengembangkan wisatanya.  "Tidak semua desa wisata bisa seperti DLAS Serang, tidak kemudian latah meniru, tetapi angkat keunikan masing-masing," ujarnya.

Rembug Desa Wisata dan Pokdarwis dilaksanakan oleh Dinporapar Kab. Purbalingga bekerja sama dengan stakeholder pariwisata seperti Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Biro Wisata Purbalingga (Asbiling), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta Tourism Information Center (TIC).

 

"Alhamdulilah sudah terbentuk kepengurusan FK Deswita dan Pokdarwis dengan ketua terpilih saudara Pulung Purwoko dari Desa Wisata Sedang," ujar Kabid Pariwisata Dinporapar Gunanto Eko Saputro.

Gunanto menyebutkan di Purbalingga ada 24 desa wisata yang sudah memiliki Surat Keputusan Bupati. Selain itu, ada desa yang belum menjadi desa wisata tetapi sudah mengembangkan wisata dan memiliki pokdarwis.

"Kalau bicara daya tarik wisata, kita memiliki 89 destinasi, baik yang dikelola BUMD, BUMDes, Pokdarwis, maupun swasta," kata Gunanto.

Selain pembentukan pengurus juga diselenggarakan pembekalan dari tenaga ahli pariwisata. Di antaranya, Tatak Sariawan dari Desa Wisata Candirejo Magelang, Aris Widianto Grand Manajer Demak Green Garden, Muhamad Kholik dari Griya Petualang Indonesia, Bambang Eddy Suwondo Ketua TIC, Agus Sudiono ketua HPI dan Budi Nedyo Utomo.

Sementara itu, Ketua FK Deswita dan Pokdarwis Periode 2022-2026 Pulung Purwoko menyebutkan akan segera menjalin kerja sama dengan stakeholder pariwisata terkait. Forum yang diketuainya diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengembangan wisata di Purbalingga.

"Visi dan misi kami untuk menghidupi wisata dan pelaku seyogyanya bisa hidup dari wisata," ujar Pulung.

Sebagai informasi, saat ini kunjungan wisata di Purbalingga meningkat cukup pesat seiring melandainya pandemi Covid-19. Data yang dihimpun Bidang Pariwisata Dinporapar sampai Mei 2022 kunjungan wisata Purbalingga mencapai 1.046.767 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement