Senin 11 Jul 2022 12:52 WIB

Idul Adha, Polda Jateng, dan Jajaran Salurkan Ratusan Hewan Kurban

Idul Adha, Polda Jateng dan Jajaran Salurkan Ratusan Hewan Kurban.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Hafil
Idul Adha, Polda Jateng dan Jajaran Salurkan Ratusan Hewan Kurban. Foto:   Memandikan hewan kurban (Ilustrasi)
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Idul Adha, Polda Jateng dan Jajaran Salurkan Ratusan Hewan Kurban. Foto: Memandikan hewan kurban (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,SEMARANG--Ratusan hewan kurban disalurkan oleh Polda Jawa Tengah, pada hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah tahun 2022 ini. Ratusan ekor hewan kurban ini berasal dari jajaran Polda Jawa Tengah.

Mewakili Kepala Biro SDM Polda Jawa Tengah, melalui Kabag Perawatan Personel (Kabagwatpers) Biro SDM Polda Jawa Tengah, AKBP Basuki mengatakan tital hewan kurban yang disalurkan mencapai 597 ekor.

Baca Juga

"Jumlah ini terdiri 169 ekor sapi, dua ekor kerbau serta 426 ekor kambing/ domba," ungkapnya, usai mengikuti sholat Idul Adha di Mako Satbrimob Polda Jawa Tengah, Srondol, Kecamatan Banyumanik, Ahad (10/7/2022).

Dari jumlah ini, jelas Basuki,  sebanyak 10 ekor sapi dan 16 ekor kambing di antaranya disalurkan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi di Mako Satbrimob Polda Jawa Tengah, usai melaksanakan sholat Idul Adha.

Sementara itu, momentum Hari Raya Idul Adha kali ini dilaksanakan oleh Polda Jawa Tengah dengan bersinergi bersama warga, baik dalam pelaksanaan sholat ied maupun pemotongan hewan kurban.

Personil Polda Jawa Tengah dan masyarakat bergotong royong dan saling bahu membahu pada saat pemotongan hewan kurban di Mako Satbrimob Polda Jawa Tengah ini.

Dalam kegiatan ini hadir Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi yang sebelumnya melaksanakan sholat Ied bersama warga didampingi para pejabat utama (PJU) dan sejumlah tokoh masyarakat.

Bertindak sebagai imam sekaligus khatib dalam sholat Idul Adha ini  adalah KH Lukman Wahid. Pelaksanaannya juga menerapkan tatalaksana protokol kesehatan yang ketat.

Sebelumnya, Kapolda menekankan agar hewan yang dikumpulkan sebagai hewan kurban agar diseleksi dan dipastikan memang terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Setelah dilakukan pemotongan selanjutnya daging hewan kurban tersebut dibagikan pada sejumlah yayasan, masyarakat kurang mampu dan warga sekitar yang berada di lingkungan sekitar mako Satbrimob Polda Jawa Tengah tersebut.

Kabagwaspers menambahkan, dalam Idul Adha terdapat teladan yang mulia sebagaimana telah  dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail.

Nilai keteladan tersebut amat relevan untuk diterapkan pada kehidupan masa kini. "Ibadah kurban menggambarkan ketaatan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah SWT," jelasnya.

Di alamnya ada semangat rela berkorban dan keikhlasan. Diharapkan teladan nabi Ibrahim dan nabi Ismail tersebut, dapat menginsiprasi masyarakat dan personil Polda Jawa Tengah untuk selalu menumbuhkan keikhlasan dan semangat rela berkorban bagi sesama dalam kehidupan sehari-hari.

"Termasuk alam meningkatkan ketaqwaan dalam kehidupan beragama. Semoga melalui inspirasi idul Adha, semangat toleransi dan menghargai sesama juga selalu ditampakkan untuk mewujudkan hakekat Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamiin," katanya 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement