Selasa 12 Jul 2022 20:32 WIB

Berlaga di Provinsi, Pemkot Solo Lepas 248 Kontingen Popda

Teguh menghimbau untuk para kontingen harus tetap menjaga protokol kesehatan.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sebagian atlet dan pelatih kontingen Popda Kota Solo yang akan bertanding dalam ajang Popda Jateng.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Sebagian atlet dan pelatih kontingen Popda Kota Solo yang akan bertanding dalam ajang Popda Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA -- Upacara pemberangkatan kontingen Pekan Olahraga Daerah (Popda) Kota Surakarta pada tahun 2022 berlangsung di Pendhapi Gede Balaikota Solo. Pemberangkatan tersebut dilepas oleh Wakil Walikota Surakarta pada Selasa (12/07/2022) Siang.

Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa mengatakan memberangkatkan 305 orang dari Kontingen POPDA Kota Surakarta. Terdiri dari 248 Atlet dan 57 pelatih. 

Baca Juga

"Hari ini atletnya berjumlah 305 orang. dengan perinciannya 248 atlet yang terdiri dari 147 putra dan 101 putri beserta 57 pelatih untuk mengikuti 149 nomor cabor (cabang olahraga) dari 157 nomor cabor yang tersedia," kata Teguh dalam sambutan pemberangkatannya. 

Lokasi multi event POPDA Provinsi akan berlangsung di tiga tempat yang berbeda. Menurut Teguh diantara adalah, Semarang, Pati, dan Kudus.

"Nanti dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Semarang dengan 158 nomor cabor kemudian Pati dan Kudus dengan masing-masing satu nomor cabor," katanya.

Teguh menghimbau untuk para kontingen harus tetap menjaga protokol kesehatan. Pasalnya, agar atlet dapat berjuang dengan maksimal demi menorehkan prestasi. 

“Di tengah pandemi Covid-19, untuk menjamin kesehatan sebagai atlet. Anak-anak harus benar-benar menjaga protokol kesehatan selama berada di Semarang, Pati maupun Kudus agar dapat berjuang secara maksimal”. Ujarnya.

Selanjutnya setelah dilakukan upacara, para Kontingen akan diberangkatkan menggunakan kendaraan bus yang berjumlah empat unit untuk kemudian mengikuti pembukaan di Gor Jatidiri Semarang.

“Atas nama pemerintah Kota Surakarta mengucapkan selamat berjuang, selamat menunaikan tugas dan jaga nama baik almamater sekolah dan Kota Surakarta," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan agar para atlet berdoa sesuai keyakinannya masing masing sebelum pertandingan. Harapannya dapat diberi kelancaran dan membawa pulang medali.

"Tetap berdoa sebelum bertanding, berdoa kepada tuhan agar diberi kekuatan dan kesehatan supaya dapat memenangkan setiap pertandingan dan menjadi juara umum POPDA provinsi Jawa Tengah untuk Kota Surakarta” imbuhnya.

Nantinya, POPDA yang akan dilaksanakan di Semarang, Pati, dan Kudus dibagi jadi 36 cabor. Terdiri dari 24 cabor resmi dengan 124 nomor lomba, tiga cabor mandiri dengan 22 nomor lomba, lima cabor eksebisi dengan 14 nomor lomba. 

"Dari semua cabor tersebut merebutkan total 697 medali. Terdiri dari 194 medali emas, 194 medali perak, dan 309 medali perunggu," ungkap Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta, Joni Hari Sumantri.

Pemkot Solo lepas 248 kontingen pada Popda untuk berlaga memperebutkan medali di provinsi pada Selasa (12/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement