Selasa 12 Jul 2022 22:00 WIB

Robot Distribusikan Mushaf Alquran di Makkah

Layanan robot telah diluncurkan di Masjidil Haram tahun ini

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Kecanggihan Robot Masjidil Haram
Foto: Republika.co.id
Kecanggihan Robot Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Layanan canggih yang baru diperkenalkan, Robot telah diluncurkan di Masjidil Haram tahun ini untuk mendistribusikan kitab suci Alquran kepada jamaah saat mereka menyelesaikan perjalanan haji mereka di Makkah.

Dilansir dari laman Saudi Gazette pada Selasa (12/7/2022), Wakil Presiden untuk Urusan Dua Masjid Suci untuk Urusan Pembinaan Masjidil Haram Badr Bin Abdullah Al-Firaih mengatakan, robot yang dengan mudah menemukan jalan di antara kerumunan itu memiliki berat 59 kilogram, kecepatan terkendali 1,2-5 per detik dan kapasitas sepuluh kilogram.

Baca Juga

Al-Firaih mengatakan, penggunaan teknologi, aplikasi modern, dan kecerdasan buatan menjadi salah satu prioritas kepala kepresidenan Sheikh Abdulrahman Al-Sudais.

Sementara jamaah melempar di Jembatan Jamarat untuk terakhir kalinya pada Senin (11/7) sebelum kembali ke Masjidil Haram, di mana mereka akan melakukan Tawaf Al-Wada. Tawaf ini merupakan ritual wajib.

 

Adapun Pemerintah Arab Saudi membuka pelayanan ibadah haji bagi satu juta orang pada musim haji 1443 Hijriyah/2022 Masehi. Hal ini dilakukan setelah selama dua tahun menerapkan pembatasan ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement