Kamis 14 Jul 2022 17:06 WIB

Susuri Sungai, Pawai Alegoris Hadirkan Atraksi Seni Budaya di Atas Rakit

Total ada 12 atraksi seni dan budaya akan ditampilkan dalam kegiatan ini.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati, menjelaskan terkait Pawai Alegoris Harmoni Jogja yang akan digelar Sabtu (16/7).
Foto: Silvy Dian Setiawan
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati, menjelaskan terkait Pawai Alegoris Harmoni Jogja yang akan digelar Sabtu (16/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Pawai Alegoris Harmoni Jogja di 2022 ini dikemas dengan kegiatan yang berbeda. Tahun ini, kegiatan pawai ini digelar dengan menyusuri aliran Sungai Gajah Wong sepanjang satu kilometer.

"Pawai Alegoris Harmoni Jogja mengangkat wisata air di Yogyakarta, diadakan dengan menyusuri Sungai Gajah Wong dimulai dari Jembatan Tegal Gendu menuju Dermaga Cinta, Giwangan, Umbulharjo," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (14/7/2022).

Pawai tersebut digelar dengan menyusuri sungai menggunakan rakit. Atraksi seni dan budaya pun akan ditampilkan di atas rakit selama menyusuri sungai, dan juga atraksi di panggung yang sudah dibangun di pinggir sungai.

Dalam menggelar kegiatan ini, kata Andrini, pihaknya juga menggandeng UMKM setempat. Dengan begitu, di sepanjang lokasi kegiatan akan diisi dengan UMKM. "Kita mengakomodir UMKM setempat juga, baik dari sisi selatan maupun di sisi utara," ujarnya.

Total ada 12 atraksi seni dan budaya yang akan ditampilkan dalam kegiatan ini. Penampil sendiri sendiri merupakan seniman yang berasal dari wilayah sekitar atau berdekatan dengan aliran sungai.

Tim Kreatif Pawai Alegoris Harmoni Jogja, Hendi Setio Yulianto mengatakan, ada 10 rakit yang akan menyusuri sungai nantinya. Per rakit, katanya, akan diisi maksimal lima orang. "Dua orang mengayuh rakit dan tiga orang penampil di atas rakit," kata Hendi.  

Terkait dengan pengamanan selama kegiatan berlangsung, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Mulai dari pihak kepolisian, BPBD hingga tim SAR mengingat acara ini digelar di kawasan air.

"Koordinasi dengan kepolisian terkait, seperti polsek, polresta, dan teman-teman rescue seperti BPBD dan lain-lain. Kita masih terus koordinasi untuk terus simulasi dan pengamanan, karena pengamanan ada dua yakni untuk penampil dan penonton," ujarnya.

Pawai Alegoris merupakan kedua kalinya digelar di Kota Yogyakarta. Tahun ini, pawai digelar luring dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement