Jumat 19 Aug 2022 19:30 WIB

Indonesian Custom Show 2022 Sulap JEC Jadi Garasi Otomotif

Tercatat 130 motor dan 120 mobil kontes dan eksibisi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Indonesian Custom Show 2022 Sulap JEC Jadi Garasi Otomotif (ilustrasi).
Foto: Andreas Fitri Atmoko/Antara
Indonesian Custom Show 2022 Sulap JEC Jadi Garasi Otomotif (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Penantian dua tahun Indonesian Custom Show (ICS) akhirnya terwujud. Bahkan, keberhasilan ICS 2022 mampu melampaui ekspektasi. Selama dua hari, 13-14 Agustus 2022, Jogja Expo Center (JEC) dihadiri lebih dari 20.000 pengunjung.

Tercatat 130 motor dan 120 mobil kontes dan eksibisi, ratusan motor dan mobil komunitas serta ratusan tenant UMKM di marketplace memenuhi area 5,4 hekter JEC. Puluhan builder motor dan mobil ternama Indonesia ambil andil dalam acara ini.

Baca Juga

Berbagai aktivitas menarik dinikmati seluruh penggiat otomotif dan pengunjung ICS 2022 dalam dan luar negeri. Dibuka pada 13 Agustus 2022, upacara pembukaan diawali sambutan yang langsung disampaikan dari Founder ICS, Rudi Purnomo.

Kemudian, sambutan dari Komjen (Purn) Nanan Soekarna dan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo. Secara simbolis, ICS 2022 dimulai dengan menyalakan sirine dan builder-builder yang telah bersiap sebelumnya di selasar JEC memasuki hall.

Dipimpin mobil custom dikendarai Kunto Wibisono dari KupuKupu Malam, diikuti delapan builder dengan motornya. Veroland (Kickass Choppers), Safruddin (Indian Brew Garage), Rudi Soedjono (Flying Piston Garage) dan Reka (Sofie Skull Choppers).

Aan (Sinten Remen Chop’s and Ride), Tedja (Imagineering Customs), Barata Dwi Putra (Thrive MC) dan Boncel (Nyamnyam Kustom). ICS 2022 mengukuhkan diri jadi wadah pengrajin otomotif, merangkul beragam komunitas otomotif dan turunannya.

"Saling bersinergi menjadikan event ini mempunyai akar dan tonggak yang kuat. Nantinya, ICS 2022 bisa menampung berbagai kreatifitas dari berbagai pengrajin otomotif dari seluruh Indonesia," kata Founder ICS, Rudi Purnomo, Jumat (19/8/2022).

Semua builder motor dan mobil yang hadir tumpah ruah di depan panggung pada malam penghargaan. Dari 80 lebih trofi, The Perfect Custom Car of Indonesian Custom Show 2022 dimenangkan Si Neo, Suzuki Every garapan Purwokerto All Star.

Sedangkan, The Perfect Custom Bike of Indonesian Custom Show 2022 dimenangkan Papn Mam Modified dengan motor Honda GL 400-nya. Kedua pemenang nantinya akan diberangkatkan oleh ICS ke The Sema Show Las Vegas, USA, pada 2023 mendatang.

Acara ditutup dengan pengundian Lucky Draw ICS 2022. Walaupun sempat gagal menemukan pemenang selama lima kali pengundian nomor, akhirnya ada salah satu pengunjung yang beruntung mendapat satu motor custom berupa Suzuki GT A 185.

Yogi Wibowo asal Klaten jadi pengunjung yang beruntung. Lalu, Lucky Draw Holden Premier 1969 tidak butuh waktu lama untuk menemukan tuannya yang beruntung. Edi Santoso asal Kulonprogo, berhasil membawa pulang sedan buatan Australia ini.

"ICS ini sebuah kesempatan bagi semua penggiat custom dari seluruh Indonesia. Harapannya, event ini bisa mewakili semua daerah di Indonesia, sehingga nantinya ICS ini menjadi percaya diri untuk tampil di kelas internasional," ujar Rudi. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement