Senin 22 Aug 2022 23:28 WIB

Pengambilan Api Merapi Mulai Rangkaian Porda dan Peparda DIY

Kirab atau pawai api ini merupakan representasi dari partisipasi kontingen.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pengambilan Api Merapi Mulai Rangkaian Porda dan Peparda DIY (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Pengambilan Api Merapi Mulai Rangkaian Porda dan Peparda DIY (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda III di Kabupaten Sleman segera dimulai. Perhelatan ini ditandai pengambilan api pertama torch relay (pawai obor) di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Cangkringan.

Proses pengambilan api pertama ini dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Purnomo, didampingi Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Secara estafet, obor api diserahkan kepada mantan atlet bulu tangkis asli asal Sleman, Finarsih.

Baca Juga

Finarsih, didampingi Sleman Runners dan Tim Dispora, dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, untuk melakukan pawai obor. Melintasi seluruh kabupaten maupun kota di DIY dan seluruh kapanewon di Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman, Kustini Purnomo mengatakan, pengambilan api ini menandai dimulainya rangkaian acara Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 di Kabupaten Sleman. Yang mana, akan diselenggarakan mulai 1-9 September 2022.

"Sedangkan, kirab atau pawai api ini merupakan representasi dari partisipasi kontingen kabupaten/kota DIY dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Sleman selaku tuan rumah," kata Kustini setelah menyerahkan obor api untuk dikirab.

Kustini menekankan, kirab obor api tersebut akan berlangsung selama tiga hari dan akan disemayamkan di Pendopo Parasamya pada hari ketiga usai prosesi kirab selesai. Setelah dikirab, Api Merapi ini nantinya akan digunakan kembali.

Yaitu, lanjut Kustini, untuk menyalakan kaldron pada acara pembukaan di Stadion Maguwoharjo. Kaldron ini akan dinyalakan selama laga tanding Porda dan Peparda berlangsung, melambangkan semangat tidak pernah padam memberikan yang terbaik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman, Agung Armawanta menyampaikan, pengambilan api acara Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 ini disertai dengan dimulainya rangkaian lain menjelang perhelatan kedua agenda.

Bersamaan dengan pengambilan dan kirab api, Agung menerangkan, diselenggarakan pula kegiatan lain sebagai rangkaian dimulainya Porda XVI dan Peparda III DIY 2022. Antara lain seminar kesehatan mental untuk atlet di Pendopo Parasamya.

"Diikuti secara luring dan daring," ujar Agung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement