Senin 29 Aug 2022 18:55 WIB

Plat Putih Mulai Didistribusikan di Solo

Plat hitam masih berlaku sampai dilakukan penggantian nopol kendaraan.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Plat Putih Mulai Didistribusikan di Solo (ilustrasi).
Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Plat Putih Mulai Didistribusikan di Solo (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Satlantas Kota Solo telah mendistribusikan plat putih per bulan Agustus. Baik untuk roda empat maupun roda dua,Senin (29/8/2022).

Kasatlantas Kota Solo, Kompol Agus Santoso mengatakan bahwa wilayah hukum Polresta Solo untuk kendaraan roda 4 plat putih mulai didistribusikan per 10 Agustus 2022. Sedangkan untuk kendaraan roda dua mulai didistribusikan per 16 Agustus 2022.

Baca Juga

"Kendaraan roda empat itu tanggal 9 kemarin baru kita terima kemudian kita distribusikan ke kita tanggal 10 langsung kita cetak untuk dilayani ke masyarakat. Sedangkan roda dua baru tanggal 15 diterima dan 16nya didistribusikan," terangnya, Senin (29/8/2022).

Selanjutnya, Agus mengatakan bahwa meski plat putih sudah didistribusikan. Plat hitam masih berlaku sampai dilakukan penggantian nopol kendaraan.

"Jadi plat nomor dengan warna dasar hitam tulisan putih itu tetap berlaku jadi tidak bakalan ditindak. Jadi warga yang belum waktunya ganti nopol ya tidak usah ganti karena masih berlaku," jelasnya.

Selanjutnya, Agus menjelaskan bahwa pergantian dari plat hitam ke plat putih tidak akan dikenakan biaya. Nanti masyarakat hanya harus membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Penggantian nopol dasar putih nantinya tidak dipungut biaya selain PNBP," katanya.

Kemudian, Agus menjelaskan bahwa untuk Kota Solo sendiri stok plat dasar hitam sudah habis. Oleh karena itu, ia mengatakan pergantian akan diarahkan ke plat putih.

"Sekitar 1 bulan masih ada 2000an itu yang putih, kalau yang plat hitam sudah habis. Jadi nanti setiap saat pasti akan dimintakan ke pusat kalau sudah berkurang stoknya," terangnya.

Sementara itu, perubahan plat nomor menjadi warna putih guna memuluskan pelaksanaan efektivitas ETLE. Pemilihan plat nomor kendaraan warna dasar putih dengan tulisan hitam akan lebih mudah terbaca oleh kamera pengawas di jalan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement