Kamis 08 Sep 2022 09:34 WIB

Jamaah Umroh Irak Pertama Lintasi Perbatasan Arab Saudi dengan Mobil

Sejak 1990, baru kali ini ada jamaah umroh lewat mobil ke Arab Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah Umroh Irak Pertama Lintasi Perbatasan Arab Saudi dengan Mobil. FOTO: Umroh (ilustrasi)
Foto: Tourandtravel
Jamaah Umroh Irak Pertama Lintasi Perbatasan Arab Saudi dengan Mobil. FOTO: Umroh (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BAGHDAD -- Jamaah Umroh Irak pertama, Ahmed Akram Salman,  akhirnya tiba di Arab Saudi Selasa (6/9/2022) lali. Ia berangkat dengan menggunakan mobil pribadinya dan melewati pelabuhan Jadidat Arar.

Dilansir di Iraqi News, Kamis (8/9/2022), untuk pertama kalinya sejak 1990, warga Irak akhirnya kembali diizinkan memasuki Arab Saudi, melalui perlintasan perbatasan.

Baca Juga

Salman merupakan warga negara Irak pertama yang memasuki Arab Saudi setelah absen selama 30 tahun. Ia dapat memasuki wilayah Kerajaan Saudi dengan mudah, di tengah prosedur penyambutan yang dilakukan oleh karyawan Saudi di pelabuhan Jadidat Arar di Arab Saudi utara.

Dalam wawancara bersama Al-Arabiya News, Salman mengindikasikan akan pergi ke Madinah terlebih dahulu, kemudian ke Makkah untuk melakukan ritual umrah. Setelahnya, dia akan melakukan tur untuk melihat keindahan kota-kota Saudi lainnya.

 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Arab Saudi, atas semua pencapaian dan fasilitas yang diberikan kepada para jamaah umrah Irak," kata dia.

Pada Juni lalu, pihak berwenang Saudi mengumumkan pengembangan pelabuhan Jadidat Arar di utara Arab Saudi. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang ekonomi dan logistik regional.

Di sisi lain, fasilitas ini dimanfaatkan untuk melayani peziarah Irak yang mengunjungi Arab Saudi setiap tahun. Sistem komputerisasi yang telah ditingkatkan akan membantu memfasilitasi prosedur masuk mereka, serta layanan bea cukai.  

Sumber:

https://www.iraqinews.com/iraq/first-iraqi-umrah-performer-in-his-car-arrives-in-saudi-arabia/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement