Kamis 15 Sep 2022 23:32 WIB

Buka Festival FKL, Gubernur Ingin Kota Lama Diramaikan Kegiatan Pekanan

Ada festival budaya, orchestra in harmony, fashion heritage.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Buka Festival FKL, Gubernur Ingin Kota Lama Diramaikan Kegiatan Pekanan (ilustrasi).
Foto: Humas Pemprov Jateng
Buka Festival FKL, Gubernur Ingin Kota Lama Diramaikan Kegiatan Pekanan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Para wisatawan kembali bisa menikmati berbagai agenda budaya, pertunjukan musikal dan beragam agenda menarik lainya di arena Festival Kota Lama (FKL) 2022, di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali membuka acara yang dua tahun sebelumnya absen akibat pandemi global Caovid-19. FKL kali ini bakal berlangsung 10 hari, mulai hari ini dan bakal berakhir pada 25 September 2022 nanti.

Baca Juga

"Setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19, FKL kembali digelar dan semoga setelah pandemi mereda, kegiatan untuk menghidupkan kembali Kota Lama bisa digelar tiap pekan," kata gubernur, usai membuka FKL 2022, yang dipusatkan di halaman Laroka, kawasan Kota Lama, Semarang, Kamis (15/9) malam.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah ini juga menyampaikan, FKL kali ini konsepnya agak berbeda dengan bakal dimeriahkan berbagai acara yang menarik. Ada festival budaya, orchestra in harmony, fashion heritage.

 

Kemudian pasar sentiling, kuliner legendaris, jelajah Kota Lama. Ada juga ekspo mobil kuna, flashmob, talk show heritage, kontes foto dan reels serta pameran berbagai UMKM unggulan.

Menurut Ganjar kegiatan semacam ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai pertunjukkan mingguan, tinggal memanage dengan baik siapa yang mau tampil tiap pekannya. Dengan cara itu, akan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Lama.

Seluruh seniman juga bisa dilibatkan untuk tampil dan ekonomi pun bergerak. “Sehingga orang yang pengin piknik ke kawasan Kota Lama tidak hanya menunggu sampai dengan FKL digelar. Karena ada agenda rutin di sini," tegasnya.

Selain itu, jika kehiatan mingguan ini bisa digelar tentu juga akan menjadi momen kebangkitan para seniman. “Mudah- mudahan ini menjadi bagian dari kebangkitan dan kreativitas para musisi seniman semuanya bisa kumpul lagi,” tegas gubernur.

Sementara itu, acara pembukaan FKL 2022 ini  tersebut juga dihadiri oleh Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Reza Fahlevi, yang  mewakiliMenparekraf, Sandiaga Uno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement