Jumat 30 Sep 2022 22:22 WIB

Sekda Magelang: Lomba Pramuka Media Bangun Karakter Anak

Peserta Lomba Tingkat III Penggalang sudah mengikuti seleksi pada lomba tingkat II.

Sekda Magelang: Lomba Pramuka Media Bangun Karakter Anak (ilustrasi).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sekda Magelang: Lomba Pramuka Media Bangun Karakter Anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG -- Lomba Tingkat III Penggalang Kwartir Cabang Magelang menjadi media membangun karakter anak menjadi disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, bersemangat kebangsaan, peduli lingkungan, peduli sosial, serta bertanggung jawab, kata Sekretaris Daerah Pemkab Magelang Adi Waryanto.

"Pendidikan Pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan generasi muda untuk berkontribusi nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya di Magelang, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga

Ia menyampaikan hal tersebut pada pembukaan Lomba Tingkat III Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Magelang Tahun 2022 di SMP Negeri 2 Windusari, Kabupaten Magelang.

Adi berharap melalui Lomba Tingkat III Penggalang ini, dapat membangun manusia yang berkarakter, yang memiliki watak atau karakter muda yang cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan serta bisa menciptakan generasi muda yang tangguh kepribadian, luhur budi pekerti, dan mempunyai komitmen dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Menurut dia, kegiatan ini sebagai implementasi dari program pembinaan karakter yang sudah sewajarnya mulai ditanamkan kepada para generasi muda sejak usia sekolah, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi Pramuka Penggalang.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Tingkat III Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Magelang, Moch Romadhon menjelaskan Lomba Tingkat Penggalang Tiga (LT-III) Kwarcab Kabupaten Magelang sebagai ajang pertemuan regu-regu pramuka penggalang dari berbagai satuan pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif, dan edukatif dalam perlombaan.

Tujuan diadakan lomba ini untuk membina dan mengembangkan kode kehormatan, yang berupa janji Trisatya dan Dasadharma Pramuka serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penggalang.

Romadhon menyampaikan peserta Lomba Tingkat III Penggalang sudah mengikuti seleksi pada lomba tingkat II dari Kwartir Ranting masing-masing, dengan jumlah peserta lomba tingkat III tahun 2022 terdiri atas 20 regu putra, dan 19 regu putri yang dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai dengan 2 Oktober 2022.

"Setiap regu yang mencapai prestasi tertinggi pada setiap kegiatan akan mendapatkan vandel kejuaraan, regu terbaik 1 mendapat vandel berwarna merah dan skor 4, regu terbaik 2 mendapatkan vandel berwarna kuning dan skor 3, Regu terbaik 3 mendapatkan vandel berwarna hijau dan skor 2.

Bagi regu yang mendapat akumulasi skor terbanyak 1, 2, dan 3 akan mendapatkan tropi kejuaraan, sedangkan bagi regu yang memperoleh skor terbanyak 1 akan dikirim mewakili Kwarcab Kabupaten Magelang pada lomba tingkat IV di Kwartir Daerah Jawa Tengah yang akan berlangsung pada tanggal 28 November sampai 2 Desember tahun 2022 di Semarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement