Museum Catur Nasional Usung Konsep Modern dan Interaktif

Ahad , 02 Oct 2022, 22:45 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Catur (ilustrasi)
Catur (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Eka Putra Wirya mengatakan pembangunan Museum Catur Nasional di SCUA, Bekasi, Jawa Barat mengusung konsep modern dan interaktif.

 

Terkait

Pria yang menjabat sebagai Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) ini berharap berbagai konsep menarik di Museum Catur Nasional dapat menarik minat lebih banyak anak-anak untuk menekuni olahraga catur.

Baca Juga

"Yang terpenting itu isi dan kontennya yang modern dan serba digital. Ada permainan interaktif dan lainnya, sehingga menarik minat anak-anak. Yang terpenting anak-anak senang dulu. Kalau hanya melihat foto dan tulisan itu tidak akan menarik," ujar Eka dalam acara peletakan batu pertama di SCUA, Minggu.

Eka menargetkan pembangunan Museum Catur Nasional rampung dalam sembilan bulan ke depan. "Prinsip kami adalah mengedukasi dan menginspirasi anak-anak untuk menjadi pecatur andal seperti bahkan melebihi pendahulunya yang memiliki prestasi membanggakan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengatakan pembangunan Museum Catur Nasional menjadi tonggak sejarah bagi olahraga catur di Indonesia.

"Desain besar dari musim ini adalah menghargai sejarah yang sudah diperbuat mulai dari atlet hingga pengurus. Ke depan tentunya untuk melanggengkan tata nilai yang harus dijaga yakni persahabatan, persaudaraan, dan juga kerja keras," ujar Utut.

Pembangunan Museum Catur Nasional, kata Utut, sebenarnya sudah dilakukan sejak 18 September lalu. Namun karena satu dan lain hal, peletakan batu pertama baru bisa dilakukan, hari ini.

Guna menarik minat anak-anak untuk menekuni olahraga catur, lanjut Utut, museum juga mengusung konsep enjoyment.

"Jadi untuk orang tua atau yang mengantarkan bisa bersantai. Museum ini tidak melulu serius. Kami buat senyaman mungkin," ujar Utut.

Dia juga berharap adanya Museum Catur Nasional dapat menginspirasi pecatur-pecatur muda untuk terus bisa berprestasi mengharumkan Indonesia di pentas internasional.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini