Baznas Tingkatkan Pengetahuan Tanggap Bencana Relawan di Sulut

Ahad , 02 Oct 2022, 23:16 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Relawan
Ilustrasi Relawan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA-- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meningkatkan pengetahuan tanggap bencana pada relawan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

 

Terkait

"Kami mengikutsertakan para relawan Baznas di Sulut dalam pelatihan manajemen bencana tingkat lanjut Baznas tanggap bencana (BTB) Regional IV di Sulawesi Selatan," kata Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan, di Manado, Ahad (2/10/2022)..

Baca Juga

Dia mengatakan Baznas Provinsi Sulut diwakili empat orang, satu orang Baznas Kotamobagu, satu orang Baznas Bolmut dan dua orang Baznas Bolmong.

Dia menjelaskan tujuan dari pelatihan manajemen bencana tingkat lanjut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Baznas Tanggap Bencana Daerah tentang manajemen tanggap darurat.

Melatih kesiapsiagaan Baznas Tanggap Bencana Daerah melalui simulasi manajemen posko, ketika tanggap darurat dan memberikan bentuk penyaluran dana sakat dalam upaya optimalisasi respon tanggap darurat di daerah yang memiliki resiko tinggi bencana.

Diharapkan, para relawan BTB Baznas dapat mengikuti seluruh materi yang diberikan dengan baik, mulai dari manajemen tanggap darurat, latihan kesiapsiagaan, simulasi manajemen posko darurat.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh BTB Baznas RI ini merupakan tindak lanjut pelatihan sebelumnya yang telah dilangsungkan tahun lalu di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Turut ikut dalam kegiatan pelatihan ini relawan BTB Baznas Sulsel, Baznas Sulbar, Baznas Sultra, Baznas Sulteng, Baznas Gorontalo, dan Baznas Papua.

"Semoga pelatihan ini memberikan semangat dan pemahaman tanggap kebencanaan yang lebih baik bagi para relawan BTB Baznas," jelasnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini