Selasa 04 Oct 2022 22:58 WIB

Sidoarjo Bangun Rumah Pompa Hadapi Banjir

Pembangunan rumah pompa itu masih berlangsung dan dalam tahap pengecoran.

Sidoarjo Bangun Rumah Pompa Hadapi Banjir (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga/rwa.
Sidoarjo Bangun Rumah Pompa Hadapi Banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur membangun rumah pompa di Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin sebagai upaya untuk menghadapi banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan pembangunan rumah pompa itu masih berlangsung dan dalam tahap pengecoran. "Pekerja mulai mengecor struktur pintu air," ujarnya, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, pengerjaan proyek itu juga sudah sesuai target waktu yang ditentukan serta diselesaikan diselesaikan pada 22 Desember. "Pompa sudah dipesan, ini target tetap pada 22 Desember," ucapnya.

Ia mengatakan, pembangunan rumah pompa itu memang menjadi langkah pemkab untuk mengantisipasi ancaman banjir khususnya di wilayah Tanggulangin. Ia menyebut, setidaknya ada tiga rumah pompa yang tengah dibangun di kawasan tersebut masing-masing di ujung Desa Kedungbanteng, Desa Banjarasri, dan Desa Banjarpanji.

Ia mengatakan, pembangunan rumah pompa di Desa Kedungbanteng, Pemkab Sidoarjo mengalokasikan anggaran Rp5 miliar, di Desa Banjarasri Rp894 juta, dan di Desa Banjarpanji Rp6 miliar.

Selain rumah pompa, lanjut dia, Pemkab juga tengah menyiagakan 28 pompa portable yang siap digunakan sewaktu-waktu. "Jika kurang bisa ditambah lagi," ujarnya.

Ia berharap, dengan sejumlah langkah yang dilakukan Pemkab Sidoarjo itu dapat mengurangi ancaman banjir di Desa Kedungbanteng dan sekitarnya. "Sehingga, warga bisa tetap tenang di rumah meski masuk musim hujan," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement