Jumat 11 Nov 2022 21:37 WIB

SIER Buka Peluang Magang bagi Mahasiswa Universitas Jember

Kawasan industri milik pemerintah ini ingin berkontribusi pada dunia pendidikan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
SIER Buka Peluang Magang bagi Mahasiswa Universitas Jember. Sudut kampus Universitas Jember, Jawa Timur.
Foto: wordpress.com
SIER Buka Peluang Magang bagi Mahasiswa Universitas Jember. Sudut kampus Universitas Jember, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penyelenggaraan Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej). Kepala Divisi Hukum PT SIER, Jefri Ikhwan Ma'arif menjelaskan, kerja sama dilakukan dalam drangka pendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Jefri mengatakan, SIER sebagai kawasan industri milik pemerintah ingin berkontribusi pada dunia pendidikan, dengan memberikan pengalaman dunia kerja dan praktik nyata di lapangan bagi mahasiswa, khususnya mahasiwa FH Unej. Ia mengatakan, dunia kerja dengan dunia pendidikan harus bersinergi, memberikan pengalaman kerja dengan cara magang bagi mahasiswa.

Baca Juga

"Agar para mahasiswa tidak hanya menerima teori-teori saja di kampus, tapi juga bisa mempraktikkannya di dunia kerja," ujar Jefi, Jumat (11/11).

Pelaksanaan magang nanti, kata Jefri, akan dapat dikonfersikan dengan SKS mahasiswa. Maka dari itu, kegiatan magang yang ditempuh mahasiswa harus menyesuaikan dengan kegiatan di FH Unej. "Untuk jumlah mahasiwa yang magang nanti akan menyesuaikan. Sedangkan jangka waktunya antara 6-12 bulan," kata Jefri.

Jefri menjelaskan, ruang lingkup perjanjian kerja sama yang dijalin, selain program magang mahasiswa, juga ada praktisi mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pelibatan dosen dalam pemberian keterangan ahli, dan kegiatan akademik lainnya.

Dekan FH Unej Prof. Bayu Dwi Anggono mengatakan, FH Unej berkewajiban bagaimana menciptakan mahasiswa unggul. Ciri-ciri mahasiswa unggul adalah mudah segera diterima di dunia pengabdian seperti dunia kerja di SIER, lembaga kementerian, NGO, ataupun lembaga lainnya.

"Kami sadar, tidak mungkin mahasiswa unggul jika kita tidak punya mitra-mitra yang unggul, tidak punya mitra kerja sama. Untuk menciptakan mahasiswa yang unggul itu, sejak awal para mahasiswa harus dibangun mental yang siap di dunia kerja," ujarnya.

Bayu mengatakan, selama ini FH Unej memiliki sarana dan prasarana perkuliahan yang baik seperti lab hukum. Namun, yang tidak dimiliki FH Unej adalah menyiapkan dunia kerja yang nyata dan tidak memiliki kenyataan problem hukum yang harus dihadapi. Oleh karena itu, lanjutnya, FH Unej memandang perlu melakukan kerja sama dengan PT SIER yang memiliki kredibilitas naik.

"Kami menilai PT SIER perusahaan negara yang mempunyai energi, kredibilitas, dan integritas yang baik. PT SIER memiliki kualifikasi yang kami inginkan," kata Bayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement