Calon Jamaah Haji Manado Diimbau Laksanakan Haji Mandiri

Rabu , 30 Nov 2022, 08:48 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi manasik haji. Calon Jamaah Haji Manado Diimbau Laksanakan Haji Mandiri
Ilustrasi manasik haji. Calon Jamaah Haji Manado Diimbau Laksanakan Haji Mandiri

IHRAM.CO.ID, MANADO -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado KH Yaser Bachmid mengatakan, kepada seluruh calon jamaah haji dalam kegiatan manasik agar melaksanakan haji secara mandiri dan memperoleh haji mabrur.

 

Terkait

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Manado menggelar bimbingan manasik haji sepanjang tahun bagi jamaah haji Manado. "Manasik difokuskan pada praktik lapangan, sebagai lanjutan dari manasik haji sebelumnya," katanya, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga

Praktik manasik haji dilaksanakan di Asrama Haji Tuminting Manado. Sebanyak 100 orang jamaah haji melakukan praktik secara langsung di halaman Asrama Haji dan dibimbing bagaimana cara-cara thawaf, sa'i, saat wukuf di Arafah, saat melempar jumrah, serta pelaksanaan wajib dan rukun haji lainnya.

Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe melalui Bidang Haji Kanwil Kemenag Sulawesi Utara Ismoedjiono menjelaskan tentang Program Unggulan Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, yaitu Program Manasik Haji Sepanjang Tahun yang digulirkan ke seluruh kabupaten/Kota.

Program ini bertujuan memberikan penguatan pemahaman kepada calon jamaah haji tentang teknis perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji dengan maksud agar calon jamaah haji dapat melaksanakan seluruh kegiatan ibadah haji secara mandiri dan memperoleh haji mabrur.

Kakankemenag Manado Rogaya Udin mengatakan bimbingan manasik haji itu proses pembekalan, arahan, petunjuk, dan pedoman untuk menuntun para calon jamaah haji dalam melaksanakan rukun, wajib dan tata cara ibadah haji lainnya dengan baik dan benar.

Rogaya berharap melalui kegiatan manasik haji ini, jamaah akan mendapatkan pengetahuan tentang aturan ibadah umroh dan haji, alur kegiatan perjalanan, ziarah dan mengenal tanah suci, tips kesehatan, tuntunan dzikir dan doa untuk memantapkan praktik ibadah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini