Kamis 01 Dec 2022 15:07 WIB

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Pojok Baca ini dapat menjadi tempat belajar yang mengasyikkan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Insan Kamil Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) meresmikan program Pojok Baca di Balai TPI Sentolo Kawat Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan pada Ahad (27/11/2022) lalu.
Foto: dok. UMP
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Insan Kamil Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) meresmikan program Pojok Baca di Balai TPI Sentolo Kawat Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan pada Ahad (27/11/2022) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Insan Kamil Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) telah meresmikan program Pojok Baca di Balai TPI Sentolo Kawat Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan pada Ahad (27/11/2022) lalu.

Program tersebut sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Baca Juga

Wakil Rektor III UMP, Assoc. Prof. Akhmad Darmawan, Phd., mengatakan bahwa UMP akan terus berkomitmen dalam mengembangkan tatanan nilai dasar yaitu inovatif dan kolaboratif, salah satunya melalui Pojok Baca yang menjadi langkah nyata kolaborasi UMP dengan Kelurahan Cilacap.

"IMM Insan Kamil menjadi salah satu Organisasi Kemahasiswaan UMP dari dua lainnya yang mendapatkan pendanaan oleh Kemendikbudristek. UMP bangga dan selalu mendukung organisasi untuk terus berinovasi dan berkolaborasi," kata Akhmad dalam rilis yang diterima Republika, Kamis (1/12/22).

 

Darmawan berharap, Pojok Baca ini dapat menjadi tempat belajar yang mengasyikkan, bermanfaat serta menjadi langkah baik untuk UMP berkolaborasi dengan Kelurahan Cilacap.

Ketua Pelaksana PPK ORMAWA, Bachiar Yusuf Rifai menjelaskan program Pojok Baca telah dilaksanakan tim sejak Juni hingga November. Adapun peresmian tersebut sebagai upaya dalam penguatan literasi, khususnya masyarakat nelayan Sentolo Kawat, serta tempat belajar bagi anak-anak.

"Pojok Baca terdapat di 5 lokasi yaitu di RW 01, RW 06, RW 12, RW 14 dan RW 15. Dengan masing-masing terdapat pengurusnya dan ditunjang buku, perlengkapan kelas belajar serta gazebo di 3 lokasi yaitu di RW 01, RW 06 dan RW 12. Diharapkan menjadikan tempat belajar yang bermanfaat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Dedy Iriawan M.Pd., mengatakan Program Pojok Baca sangat berkesan dan bagus, sehingga ke depannya diharapkan dapat terus berlanjut untuk jadi lebih baik.

“Rangkaian kegiatan program sudah berjalan dengan baik. Adanya kegiatan ini mampu menjadi langkah awal bagi mahasiswa dalam bermasyarakat. Kegiatan ini juga dikonversi dalam beberapa mata kuliah dan KKN. Sehingga, harapannya, IMM Insan Kamil mampu melanjutkan program ini dengan baik," katanya.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinas Arpus) Daerah Cilacap, Bachtiar Achmad, S.E., M.Kes., mendukung penuh atas kegiatan tersebut lantaran selaras dengan program dari Dinas Arpus yakni meningkatkan minat baca masyarakat.

"Semoga Pojok Baca semakin maju dan terus dapat mendukung lingkup sosial karena mampu membawa dampak baik bagi masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement