Khurasan, Pusat Industri Kerajinan Logam di Dunia Islam

Sabtu , 03 Dec 2022, 23:05 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Peta Khurasan.
Peta Khurasan.

IHRAM.CO.ID,Pada masa itu, wilayah Khurasan yang terletak di timur Iran adalah lokasi industri logam terbesar. Perajin di sini tersohor karena karya-karyanya yang luar biasa. Tidak mengherankan bila wilayah ini dijuluki sebagai pusat kreativitas.

 

Terkait

Barang-barang yang dihasilkan bernilai tinggi serta sulit dicari tandingannya. Mereka menguasai beragam inovasi teknik, mampu membuat bentuk yang tidak biasa, sampai motif yang sangat indah sehingga banyak diikuti oleh perajin dari wilayah lain.

Baca Juga

Di saat bersamaan, masih menurut Jonathan Bloom dan Sheila Blair, produksi barang logam di Suriah serta Mesir justru menurun. Tapi muncul pusat penghasil kerajinan logam di Iran yang berhasil membuat barang-barang bermutu,” papar kedua sejarawan itu.

Produksi kerajinan perak, emas, kuningan, dan sebagainya dijual di seantero wilayah Islam. Sebagian lagi dibawa ke Andalusia, Rusia, hingga India. Dari sumber-sumber historis diketahui, proses manufaktur dilakukan di Kota Herat, Tabriz, Nishapur, Ghazna, dan Merv.

Herat terkenal dengan kerajinan vas bunga dari perak. Keistimewaan ini hanya bisa disamai oleh produksi barang serupa asal Azerbaijan maupun Anatolia. Sejarawan dan penjelajah Muslim Ibnu Batuta menyatakan, perajin dari Kota Tabriz sangat disegani karena kreasi ukiran peralatan makan minum dan tempat lilin yang sangat indah.