Kasus Flu di Rumah Sakit Inggris Meningkat 50 Persen dalam Sepekan

Jumat , 09 Dec 2022, 13:04 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Flu (ilustrasi). Kasus Flu di Rumah Sakit Inggris Meningkat 50 Persen dalam Sepekan
Flu (ilustrasi). Kasus Flu di Rumah Sakit Inggris Meningkat 50 Persen dalam Sepekan

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Kasus influenza di rumah sakit di Inggris naik hampir 50 persen dalam seminggu. Penyakit tersebut menyebar lebih luas di antara populasi dengan rentang usia antara 15 dan 44 tahun yang paling parah terkena dampaknya.

 

Terkait

 

Baca Juga

“Sebanyak 24,3 persen sampel laboratorium dari kelompok ini dinyatakan positif,” menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris, dilansir dari The National News, Jumat (9/12/2022).

Sampel dari semua kelompok umur yang dites positif berada di 14,3 persen dalam sepekan hingga 4 Desember, naik dari 12,5 persen pada minggu sebelumnya. Tingkat masuk rumah sakit paling tinggi untuk mereka yang berusia antara 75 dan 84 tahun, yaitu 9,3 persen untuk setiap 100 ribu orang, diikuti oleh anak di bawah lima tahun (6,6 persen) dan di atas 85 tahun (6,5 persen).

Tingkat flu secara keseluruhan diperkirakan masih di bawah titik yang sama tiga tahun lalu, pada musim dingin sebelum Covid 2019-2020. Tetapi vaksinasi di kalangan ibu hamil mencapai 30,5 persen, turun tiga poin persentase pada tahap ini tahun lalu dan sekitar empat poin lebih rendah dibandingkan 2020-2021.

 

Inokulasi di antara mereka yang berusia antara dua dan tiga tahun adalah delapan poin persentase lebih rendah dari tahun lalu dan sedikit lebih dari 14 poin di bawah tingkat yang setara pada 2020-2021.

Lebih dari sepertiga (35,4 persen) anak usia dua tahun telah menerima vaksin flu, bersama dengan proporsi anak usia tiga tahun yang sedikit lebih tinggi (37,6 persen). Semua anak berusia dua dan tiga tahun berhak mendapatkan vaksin semprotan hidung flu, yang ditawarkan oleh dokter umum setempat.

 

Secara total, sekitar 33 juta orang di Inggris dapat memperoleh vaksinasi flu gratis tahun ini, termasuk setiap orang yang berusia 50 tahun ke atas, semua anak usia sekolah dasar dan beberapa anak usia sekolah menengah.

 

Vaksin ini juga ditawarkan kepada wanita hamil, orang-orang di panti jompo, staf kesehatan dan perawatan sosial garis depan, pengasuh, mereka yang berusia enam hingga 49 tahun dengan kondisi kesehatan tertentu, dan kontak rumah tangga dari orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

 

“Dengan musim dingin sekarang, kami melihat flu menyebar lebih luas,” kata konsultan epidemiologi badan kesehatan Conall Watson.

 

Garis depan NHS (Layanan Kesehatan Nasional) telah mengirimkan jutaan vaksin kepada mereka yang paling berisiko terkena virus mematikan. Angka dari NHS Inggris menunjukkan rata-rata ada 712 kasus flu sehari di rumah sakit minggu lalu, naik 48 persen dari 482 minggu sebelumnya. Angka untuk minggu pertama Desember tahun lalu adalah 31

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini