Jumat 09 Dec 2022 22:25 WIB

HKTI Bantu Pemda Sediakan Pangan Murah di Ngawi Hadapi Natal

Momentum Natal dan Tahun Baru selalu diikuti dengan kenaikan harga.

HKTI Bantu Pemda Sediakan Pangan Murah di Ngawi Hadapi Natal (ilustrasi).
Foto: Dok. Diskominfo Garut
HKTI Bantu Pemda Sediakan Pangan Murah di Ngawi Hadapi Natal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,NGAWI -- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) membantu pemerintah daerah menyediakan bahan pangan murah bagi masyarakat dalam menghadapi momentum Natal dan Tahun Baru 2023 dengan menggelar pasar murah di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Ketua Umum HKTI Moeldoko mengatakan momentum Natal dan Tahun Baru selalu diikuti dengan kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok akibat tingginya permintaan konsumen. Meski demikian, ia meminta masyarakat agar tidak terlalu khawatir.

Baca Juga

"Sebagai bentuk dukungan kepada pemda guna menekan tingginya harga kebutuhan pokok, HKTI mengadakan bazar pangan murah di Ngawi," ujar Moeldoko saat membuka Bazar Pangan Murah di Pendopo Kepatihan Ngawi, Jumat (9/12/2022).

Menurut dia, selain membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan lebih murah dari harga pasaran, kegiatan tersebut juga untuk mendukung peran pemda dalam menekan laju inflasi.

Dia memastikan, jaminan atas ketersediaan dan distribusi bahan pangan tersebut sudah disiapkan oleh pemerintah. Termasuk juga mengantisipasi terjadinya inflasi.

Terdapat sejumlah bahan pangan yang disediakan dalam kegiatan Bazar Pangan Murah yang digelar HKTI bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional, Bulog, dan sejumlah distributor tersebut.

Seperti, beras, telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng, bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, memang ada sedikit kenaikan harga telur. Dalam bazar ini, semua komoditas dijual dengan selisih harga lebih murah, mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000," kata dia.

Moeldoko menambahkan HKTI juga terus berkolaborasi dengan pemerintah dalam menjamin ketersediaan pangan menghadapi momentum Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Adapun, jaminan ketersediaan bahan pangan tersebut dilakukan dengan peningkatan hasil produksi pertanian.

Pihaknya menilai dengan jaminan ketersediaan bahan pangan, maka harga bahan pangan akan stabil dan muaranya mendorong penekanan inflasi daerah.

Selama mengunjungi Ngawi, ada sejumlah kegiatan dilakukan Moeldoko yang juga Kepala Staf Kepresidenan tersebut. Selain bazar pangan murah, Moeldoko juga mengajak masyarakat untuk makan telur bersama. Menurutnya mengonsumsi telur merupakan salah satu cara untuk mencegah stunting.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement