Selasa 31 Jan 2023 13:44 WIB

Blinken Peringatkan Warga Israel dan Palestina tidak Kobarkan Ketegangan

Dia mendesak kedua belah pihak bekerja menghidupkan kembali solusi dua negara.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Universitas Amerika di Kairo, Mesir, Ahad, 29 Januari 2023. Blinken Peringatkan Warga Israel dan Palestina tidak Kobarkan Ketegangan
Foto: Mohamed Abd El Ghany, Pool via AP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Universitas Amerika di Kairo, Mesir, Ahad, 29 Januari 2023. Blinken Peringatkan Warga Israel dan Palestina tidak Kobarkan Ketegangan

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri AD Antony Blinken meminta warga Israel dan Palestina tidak mengobarkan ketegangan di tengah salah satu gelombang kekerasan paling mematikan baru-baru ini dalam konflik puluhan tahun. Pernyataan itu disampaikannya, saat mendarat di Tel Aviv pada Senin kemarin.

 

Baca Juga

"Adalah tanggung jawab setiap orang untuk mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketegangan daripada mengobarkannya," katanya dilansir dari The National News, Selasa (31/1/2023).

 

Dia mendesak kedua belah pihak bekerja menghidupkan kembali solusi dua negara yang telah lama terhenti sebagai satu-satunya jalan ke depan. Blinken mengatakan komitmen Amerika untuk keamanan Israel tetap kukuh setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Dia mendesak Israel dan Palestina mengambil langkah segera untuk mengurangi eskalasi. 

 

“Apa pun yang menjauhkan kita dari solusi dua negara, akan merugikan keamanan jangka panjang Israel,” kata dia

 

“AS akan terus mendukung status quo tempat-tempat suci di Yerusalem,” katanya merujuk pada kunjungan baru-baru ini ke kompleks Masjid Al Aqsa oleh menteri sayap kanan Israel Itamar Ben-Gvir yang memicu ketegangan dan menyebabkan protes dari warga Palestina.

 

Kabinet baru, yang telah memicu demonstrasi luas di seluruh Israel dan dari Palestina dipuji oleh Blinken sebagai pertunjukan "semangat" - telah berjanji untuk memperluas permukiman di Tepi Barat yang diduduki setelah serangan mematikan Jumat di sebuah sinagog di Yerusalem Timur yang dianeksasi.

 

Netanyahu mengatakan Israel akan melakukan segala daya untuk memblokir Iran dari mendapatkan senjata nuklir tetapi tidak memberikan komentar atas serangan baru-baru ini terhadap pabrik pesawat tak berawak Iran.

 

Blinken mengatakan pasangan itu juga membahas pertahanan Ukraina tetapi tidak memberikan rincian secara spesifik. Namun, setelah pertemuan selanjutnya dengan utusan AS, Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen mengatakan kedutaan mereka di Kyiv akan kembali beroperasi penuh dalam beberapa minggu.

 

Dalam konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri, Blinken menjanjikan dukungan AS terhadap Iran.

"Iran adalah ancaman tidak hanya bagi Israel di kawasan itu, tetapi semakin meningkat bagi dunia seperti yang telah kita lihat baru-baru ini, dalam penyediaan drone ke Rusia untuk melanjutkan perang agresi di Ukraina," kata Blinken.

 

Dia juga akan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam upaya menenangkan kekerasan yang meningkat di daerah tersebut.

 

Serangan Israel selama berbulan-bulan di Tepi Barat telah menyebabkan korban tewas Palestina tertinggi dalam satu bulan selama bertahun-tahun. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan pasukan Israel telah membunuh seorang pria Palestina di kota titik nyala Hebron pada Senin, sehingga jumlah korban menjadi 35 untuk bulan ini saja, tertinggi sejak 2015.

 

Kekerasan yang terus berlanjut memicu kekhawatiran bahwa tahun ini bisa menjadi yang paling mematikan bagi warga Palestina dalam beberapa dekade, karena sayap kanan Netanyahu membuat tandanya dalam beberapa minggu pertamanya kembali menjabat.

Pemerintahannya telah berjanji untuk mengambil sikap keras terhadap Palestina dan meningkatkan pembangunan permukiman. Kunjungan Blinken, yang direncanakan sebelum gejolak, diperkirakan akan penuh dengan ketegangan atas perbedaan antara pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan pemerintahan Netanyahu, yang terdiri dari pendukung pemukiman.

Pejabat AS telah membahas masalah ini dalam kunjungan singkat ke Mesir pada hari Minggu dan Senin. Dia dan Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi mengatakan negara mereka bekerja sama untuk mengakhiri kekerasan. Washington tetap sangat percaya pada solusi dua negara yang dinegosiasikan - satu-satunya jalan menuju resolusi abadi untuk konflik, kata Blinken dalam sambutan sebelumnya di Kairo.

Namun, data terbaru menunjukkan dukungan publik untuk solusi dua negara telah mencapai titik terendah dalam sejarah. Menurut sebuah survei yang diterbitkan minggu lalu oleh Pusat Kebijakan dan Penelitian Palestina, hanya 33 persen orang Palestina dan 34 persen orang Yahudi Israel mengatakan mereka mendukungnya, menandai penurunan signifikan dari data yang dikumpulkan pada 2020. Dua pertiga warga Palestina dan 53 persen warga Yahudi Israel mengatakan mereka menentang solusi dua negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement