Sabtu 04 Feb 2023 18:53 WIB

Kemenag OKU Sumsel Data Ulang Calon Jamaah Haji

Ada sebanyak 151 CJH yang siap berangkat haji yang didata ulang.

Manasik haji (ilustrasi). Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, mendata ulang bagi seluruh calon jamaah haji (CJH) yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah pada musim haji tahun ini.
Foto: Republika/Darmawan
Manasik haji (ilustrasi). Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, mendata ulang bagi seluruh calon jamaah haji (CJH) yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah pada musim haji tahun ini.

IHRAM.CO.ID, BATURAJA -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, mendata ulang bagi seluruh calon jamaah haji (CJH) yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah pada musim haji tahun ini.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag OKU, Abdul Muis di Baturaja, Sabtu (4/2/2023), mengatakan, pendataan dilakukan dengan memanggil seluruh CJH untuk didata ulang menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. "Ada sebanyak 151 CJH yang siap berangkat haji yang didata ulang," kata Abdul Muis.

Baca Juga

Pendataan tersebut mulai dari kelengkapan data dan pemberkasan jamaah guna memastikan tidak ada kendala dalam berkas menjelang keberangkatan nanti. Termasuk dilakukan pemeriksaan terhadap paspor seluruh CJH yang mayoritas gagal berangkat tahun lalu untuk memastikan tidak habis masa berlakunya.

"Dalam pendataan ulang ini kami pun memperbarui data nomor ponsel yang aktif milik para CJH. Alhamdulillah, sejauh ini proses pendataan berjalan lancar dan tidak banyak yang harus diperbaharui," ujar Abdul Muis.

 

Setelah proses pendataan ini, kata dia, Kemenag OKU akan melanjutkan tahap manasik haji guna memberikan pelatihan dasar bagi seluruh jamaah tentang cara berhaji di Tanah Suci Mekah. Manasik haji menjelang keberangkatan jamaah tersebut dijadwalkan digelar di dua tempat mulai pertengahan Februari 2023 yaitu di Taman Kota Baturaja di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Baturaja Timur dan Mushola Al-Abror di Kantor Kemenag OKU.

"Kegiatan manasik haji tahun ini dipastikan digelar normal atau secara massal tidak lagi daring, sama seperti sebelum pandemi melanda," kata dia.

Hal itu dilakukan mengingat penyebaran Covid-19 di daerah itu sudah dapat dikendalikan sehingga aktifitas masyarakat, termasuk kegiatan manasik haji kembali normal. Hanya saja, kata dia, meskipun digelar secara massal, tapi protokol kesehatan harus tetap diterapkan. Salah satunya mewajibkan setiap jamaah memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

"Karena Covid-19 belum benar-benar usai sehingga prokes harus tetap dikedepankan," kata Abdul Muis.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement