Selasa 17 Mar 2020 18:18 WIB

TTMD Bangun Jalan Tembus di Karangreja Purbalingga

TTMD membangun jalan sepanjang 1,4 km di Karangreja.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Pembangunan tembus (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/Wihdan
Ilustrasi Pembangunan tembus (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Berbagai kegiatan pembangunan dilaksanakan dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2020 di Purbalingga. Salah satunya dengan membangun jalan tembus sepanjang 1,4 km yang menghubungkan Desa Serang dan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja.

Komandan Kodim 0702 Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal saat meninjau pelaksanaan TMMD bersama Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, Senin (166/3), menyebutkan jalan yang dibangun merupakan jalan perintis yang memang baru dibangun. ''Jalan yang akan dibangun merupakan jalan makadam (semen beton) sepanjang 1,4 km,'' kata dia.

Baca Juga

Meski demikian dia menyebutkan, pelaksanaan TMMD kali ini tidak bersifat pengerahan massa seperti pelaksanaan TMMD sebelumnya. Hal ini dilaksanakan untuk mentaati imbauan pemerintah pusat untuk menghindari kerumunan massa, sehingga pelaksanaan pembangunan fisik yang dilaksanakan menggunakan jumlah personil seadanya.

''Untuk mengantisipasi merebaknya penyakit Covid 19, kita mengubah metode-metode yang pada awalnya pengumpulan massa banyak,'' ujar dia.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan Pemkab dan Kodim bersepakat agar pelaksanaan kegiatan ini tidak terlalu banyak melibatkan masyarakat. Meski demikian, dia berharap hasil kegiatan TMMD tetap bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan kunjungan bupati ke lokasi TMMD di Desa Serang Karangreja diawali dengan melihat titik nol pembuatan jalan baru tembus menuju Kutabawa. Jalan baru ini dibangun dengan panjang 1.400 meter dan lebar 7 meter.

Selain itu, program TMMD juga akan membangun gorong-gorong plat beton diameter 0,5 meter dan panjang 7 meter. Gorong-gorong ini dibangun di tiga titik lokasi di sekitar lokasi pembangunan jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement