Ahad 11 Apr 2021 12:30 WIB

Semua Tim di IBL 2021 Rasakan Menang dan Kalah

Pelita Jaya Bakrie Jakarta keluar sebagai tim yang paling sedikit kalah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Point guard Pelita Jaya Bakrie Andakara Prastawa Dhyaksa membawa bola dijaga pemain Louvre Dewa United dalam pertandingan Seri 3 IBL 2021 di Robinson Resort, Cisarua, Bogor, Ahad (28/3). Pelita Jaya tim paling sedikit menderita kekalahan di IBL 2021.
Foto: IBL Indonesia
Point guard Pelita Jaya Bakrie Andakara Prastawa Dhyaksa membawa bola dijaga pemain Louvre Dewa United dalam pertandingan Seri 3 IBL 2021 di Robinson Resort, Cisarua, Bogor, Ahad (28/3). Pelita Jaya tim paling sedikit menderita kekalahan di IBL 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi basket tertinggi di Tanah Air IBL Pertamax 2021 sudah selesai menjalani fase pertama atau regular season. Selama sebulan, tepatnya 10 Maret hingga 10 April 2021, IBL menggelar pertandingan dengan sistem gelembung di Robinson Resort, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 12 tim masing-masing menjalani 16 pertandingan di babak ini.

Format kompetisi dibagi dalam dua divisi. Tim sesama divisi bertemu dua kali dan tim beda divisi hanya bertanding satu kali. Semua peserta IBL Camp 2021 pernah merasakan kemenangan dan kekalahan. 

Baca Juga

Pelita Jaya Bakrie Jakarta keluar sebagai tim yang paling sedikit menderita kekalahan. Tim asuhan Ocky Tamtelahitu ini hanya kalah satu kali dari 16 penampilannya. Sedangkan tim yang paling sedikit menang adalah Pacific Caesar Surabaya yang hanya menang satu kali dari 16 laga.

Satu-satunya kekalahan Pelita Jaya didapat dari Satria Muda Pertamina Jakarta. Pelita Jaya harus bersabar untuk membalas kekalahan. Kedua tim karena berbeda divisi hanya ketemu satu kali. Keduanya berpeluang saling bentrok di partai puncak IBL Pertamax 2021 ini.

Pelita Jaya dan Satria Muda yang keluar sebagai pemuncak klasemen divisi langsung lolos semifinal. Mereka menunggu lawan, Pelita menunggu pemenang antara Louvre Dewa United melawan Bima Perkasa Jogja. Sedangkan Satria Muda menanti pemenang Prawira Bandung versus tim pendatang baru West Bandits Solo.

Persaingan memperebutkan tempat play-off paling sengit terjadi di divisi Merah. Hingga hari terakhir, Louvre, Bali United dan Bima Perkasa masih berpeluang lolos. Namun kekalahan diderita Bali United dari Satria Muda. Sementara pada laga lain Louvre menang atas Indonesia Patriots serta Bima Perkasa menaklukkan Pacific Caesar. Alhasil, Bali United-lah yang gagal menuju play-off karena kalah head to head dari Bima Perkasa.

Berikut ini klasemen akhir babak Regular IBL Pertamax 2021.

Divisi Merah

1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta (15-1)

2. Louvre Dewa United Surabaya (10-6)

3. Bima Perkasa Jogja (9-7)

4. Bali United (9-7)

5. Satya Wacana Saints Salatiga (4-12)

6. Pacific Caesar Surabaya (1-14)

Divisi Putih

1. Satria Muda Pertamina Jakarta (14-2)

2. Prawira Bandung (10-6)

3. Indonesia Patriots (10-6)*

4. West Bandits Solo (8-8)

5. NSH Mountain Gold Timika (4-12)

6. Amartha Hangtuah Jakarta (2-14)

*Indonesia Patriots hanya mengikuti regular season tanpa ke play-off, sehingga West Bandits yang berhak lolos dari Divisi Putih.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement