Minyak Zaitun: Minyak Hijau Arab Saudi

Kamis , 28 Oct 2021, 15:30 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Minyak Zaitun: Minyak Hijau Arab Saudi
Minyak Zaitun: Minyak Hijau Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,JOUF -- Minyak zaitun merupakan ramuan hijau sekaligus makanan pokok di rumah tangga Saudi. Produk ini mengalami peningkatan produksi setelah petani di wilayah Jouf utara, mengadopsi metode teknologi tinggi untuk mendapatkan hasil maksimal dari kebun zaitun tradisional mereka.

 

Terkait

Pohon zaitun berakar pada tempat lahirnya peradaban, dimana tanaman ini dibudidayakan bahkan sebelum penemuan bahasa tertulis. Varietas pohonnya yang khas menyebar ke Iran, Suriah dan Palestina, serta seluruh lembah Mediterania.

Baca Juga

Dengan tanah yang subur dan iklim sedang, wilayah Jouf di utara Kerajaan menjadi penghasil minyak zaitun terbesar di Arab Saudi. Daerah ini merupakan rumah bagi kebun-kebun besar yang menampung jutaan pohon.

Sepanjang sejarah, zaitun selalu dikaitkan dengan kemakmuran. Namun demikian, minyak zaitun lebih dari sekadar bagian lezat makanan sehari-hari. Ia merupakan bagian yang berharga dan intrinsik dari budaya dan warisan Arab.

Pemilik Pertanian Busita atau dikenal sebagai 'Pertanian Sejuta Pohon', Nasser Al-Hamad, membagikan kisahnya tentang menukar karir sebagai guru studi Islam di Riyadh dengan kehidupan di dunia pertanian. Ia telah meneliti dan merencanakan proyek pertaniannya selama bertahun-tahun, sebelum menanam 160.000 pohon zaitun yang diimpor dari Spanyol melalui perusahaan Agromillora.

Usahanya itu telah membuahkan hasil. Sekarang, ia dianggap sebagai salah satu petani terbaik di wilayah tersebut.

“Saya tumbuh di antara lahan pertanian dan dalam keluarga yang penuh dengan petani, jadi saya sudah terbiasa dengan metode penanaman untuk banyak tanaman,” katanya dikutip di Arab News, Kamis (28/10).

Ia memutuskan menanam pohon zaitun Spanyol di kebun dengan kepadatan tinggi, model yang lebih ekonomis dan produktif, serta menghasilkan tanaman dan rasa berkualitas tinggi. Ketika keluarganya memulai bisnis pertanian di kota Jouf, kualitas minyak zaitun menarik perhatiannya.

Minyak zaitun Spanyol disebut tidak untuk penggunaan sehari-hari, melainkan hanya digunakan untuk resep medis. Namun, ia menemukan fakta bahwa zaitan ini memiliki buah yang lebih gurih (nutty) dan lebih kaya dengan rasa manis daripada jenis lainnya.

"Ketika Anda memakannya di pagi hari, itu memberi tubuh dorongan untuk memulai hari," lanjutnya. Perjalanan menuju 'Million Tree Farm' pun dimulai dengan satu langkah.

photo

Buah zaitun - (pixabay)