Senin 01 Nov 2021 17:45 WIB

Muhammadiyah Prihatin Viral Anak Kirim Ibu ke Panti Jompo

Muhammadiyah prihatin maraknya fenomena anak yang tidak mau mengasuh orang tua.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Suasana di sebuah panti jompo (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Suasana di sebuah panti jompo (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA-- Muhammadiyah menanggapi soal kondisi Ibu Trimah yang menjadi viral di sosial media lantaran ‘dibuang’ oleh ketiga anaknya ke panti jompo. Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan keprihatinan karena maraknya fenomena anak yang tidak mau mengasuh orang tua yang sudah lanjut usia.

“Ini adalah masalah sosial dan moral yang serius. Dalam ajaran Islam, anak diwajibkan mengasuh dan mengasihi orang tua, apa pun keadaannya,” kata Abdul kepada Republika.co.id, Senin (1/11).

Baca Juga

Di sisi lain, fenomena yang dialami oleh Ibu Trimah menyoroti pentingnya pemerintah dan masyarakat dalam menyediakan layanan sosial bagi para orang lanjut usia (lansia) seiring meningkatnya tingkat harapan hidup jumlah lansia. Selain itu, faktor lain juga berkontribusi, seperti kecenderungan kehidupan yang hedonistik, materialistik, dan individualis yang membuat sebagian masyarakat sibuk dengan urusan pribadi.

Inilah yang membuat mereka menjadi sosok yang tidak peduli kepada orang lain terlebih kepada orang tua sendiri. Oleh karena itu, Abdul menyarankan pemerintah untuk segera menangani masalah ini.

“Pemerintah khususnya kementerian sosial perlu segera mengambil langkah strategis untuk mengatasi masalah lansia,” ujar dia. Abdul juga menyarankan agar dilakukan edukasi kepada masyarakat soal lansia. Dalam hal ini, pemerintah bisa memfasilitasi masyarakat yang memberikan layanan lansia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement