Selasa 30 Aug 2022 22:07 WIB

900 Personel Gabungan Amankan Laga Persis Vs PSIS

Suporter PSIS Semarang bisa datang menyaksikan di Stadion Manahan.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
900 Personel Gabungan Amankan Laga Persis Vs PSIS (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
900 Personel Gabungan Amankan Laga Persis Vs PSIS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Polresta Solo siapkan 900 personel gabungan TNI dan Polri jelang Laga Persis Solo Vs PSIS Semarang di Stadion Manahan, Jumat (3/9/2022) pukul 16.00 WIB. 

Wakapolresta Solo, AKBP Gatot Yulianto mengatakan pertandingan yang kemungkinan dihadiri oleh suporter PSIS baik dari Panser Biru atau Snex dengan kuota yang ditentukan. Namun, jumlah pasti kuota yang diberikan untuk suporter PSIS belum diketahui. 

Baca Juga

“Suporter PSIS Semarang bisa datang menyaksikan di Stadion Manahan, tetapi sesuai dengan kuota yang telah disepakati dengan Panpel Pertandingan. Pengamanan ketat masuk ke stadion tetap kami berlakukan kepada kedua suporter. Kami tegaskan, suporter dilarang membawa diantaranya senjata tajam, kembang api, flare, flash, pemantik api, dan miras," katanya, Selasa (30/08/2022).

Gatot mengatakan bahwa pihak Polresta Surakarta siap mengamankan jalannya pertandingan. Ia pun mengatakan personel yang diturunkan lebih banyak daripada laga kandang sebelumnya.

"Laga nanti kita akan kerahkan 900 personel jauh lebih banyak ketika melawan Madura United dan Persita Tangerang. Sebelumnya personel yang dikerahkan sekitar 600 an," terangnya.

Selanjutnya, Gatot menjelaskan suporter tim lawan ini akan masuk melalui Gate 1 dengan penempatan parkir di pintu masuk Plaza Manahan sebelah kiri. Sedangkan suporter Laskar Sambernyawa akan memasuki Gate yang berbeda.

“Jika terjadi penumpukan, kami sudah siapkan antisipasi untuk membuka gerbang pintu masuk di pintu barat. Penempatan parkir suporter kami pisahkan dengan suporter Persis Solo juga,” katanya.

Selain itu, Gatot mengatakan pengawalan dilakukan baik saat suporter PSIS datang maupun pulang. Kendaraan taktis (rantis) pun disiapkan untuk mengawal pemain dan ofisial PSIS Semarang untuk antisipasi hal yang tak diinginkan.

“Jika suporter datang via tol, akan kami kawal sejak pintu keluar tol daerah Banyuanyar. Kalau melewati jalan raya, kami akan berkoordinasi dengan Polresta Boyolali, Polres Karanganyar, dan Polres Sukoharjo secara estafet,” beber AKBP Gatot.

Sementara itu, Ketua Panpel Pertandingan Ginda Ferachtriawan menjelaskan bahwa pemberian kuota tim tamu akan dibicarakan dalam rapat koordinasi dengan Polresta Solo dan koordinator suporter kedua tim.

“Kami sudah koordinasikan dengan Polresta Si dan PT LIB terkait pengamanan dan kuota suporter. Kami berharap pertandingan berjalan aman dan lancar, serta menghibur,” tutup Ginda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement